6 Alasan Memilih Rumah Tapak Landed House Dibandingkan Apartemen

Kami menyajikan 6 Alasan Memilih Rumah Tapak Landed House kepada Anda khususnya kaum milenial yang seringkali bingung dalam mempertimbangkan properti:

Yang mana yang lebih baik, membeli rumah atau apartemen?

6 Alasan Memilih Rumah Tapak Landed House

 6 Alasan Memilih Rumah Tapak Landed House

1. Harga Tanah Meningkat

Rumah yang memiliki tanah harganya selalu meningkat, sehingga rumah dapat menjadi investasi properti yang bagus.

Harga tanah selalu meningkat sehingga membuat properti dalam bentuk rumah menjadi investasi yang memiliki pertambahan nilai (capital gain) yang bagus untuk masa depan.

Berbeda dengan apartemen yang pada hakekatnya hanya memiliki bangunan. Sedangkan nilai suatu bangunan kenaikannya tidak signifikan bahkan cenderung menyusut seiring berjalannya waktu.

2. Kenaikan Harga Lebih Tinggi

Kenaikan harga jual rumah lebih tinggi dibanding apartemen. Selain dari segi ekonomi dengan pertimbangan adanya tanah pada rumah, ada juga segi sosial-kulturalnya. Sebab budaya timur masih lebih suka punya tanah.

Bisa Ditingkatkan Sertifikatnya

3. Bisa Ditingkatkan Sertifikatnya

Pembeli rumah pribadi bisa meningkatkan sertifikatnya menjadi Sertifikat Hak Milik (SHM).  Rumah dari developer (pengembang) berstatus masih HGB (Hak Guna Bangunan). Bila Anda pembeli rumah sebagai pribadi, maka bisa meningkatkan status sertifikat ke SHM.

Sedangkan apartemen hanya mendapatkan Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB) yang ada jangka waktunya.

4.  Sebagai Jaminan Kredit

Bila rumah dipakai sebagai jaminan kredit, akan lebih mudah dan dinilai lebih tinggi dibandingkan dengan apartemen.

Bila Anda membutuhkan modal kerja atau untuk suatu keperluan, Anda dapat menggunakan Sertifikat rumah sebagai jaminan kredit. Pihak pembeli jaminan (bank atau BPR) akan lebih mudah mengeluarkan pinjaman multiguna dengan adanya sertifikat rumah dibandingkan sertifikat apartemen.

rumah bisa direnovasi

5. Rumah Bisa Direnovasi

Rumah bisa direnovasi sesuai dengan keinginan pemiliknya dengan mudah. Anda bisa menambahkan ruangan, mengubah tata letak ruangan, bahkan mengubah struktur bangunan. Anda cukup mengajukan IMB yang sesuai dari Pemerintah Daerah.

Sedangkan apartemen tidak bisa direnovasi, hanya bisa melakukan perubahan kecil saja. Bukan mengubah struktur bangunan khususnya bila menyalahi peraturan gedung apartemen.

6. Biaya Rutin Lebih Murah

Biaya rutin bulanan yaitu listrik, air dan IPL (iuran perawatan lingkungan) untuk rumah lebih murah dibanding apartemen.

Penghuni Apartemen akan dikenakan biaya bulanan yang lebih tinggi disebabkan karena apartemen pada umumnya dikelompokkan ke dalam golongan hunian mewah yang eksklusif.

Demikian alasan-alasan memilih membeli rumah dibandingkan apartemen. Semoga bermanfaat. Nantikan artikel kami tentang properti.

Baca juga: Agen Properti Profesional di Kota Tangerang

Untuk informasi tentang property, bila Anda ingin konsultasi dengan kami, silakan isi formulir di bawah ini:

Related posts

Leave a Reply