Agen Properti Profesional di Kota Tangerang

Laurent Fu adalah agen properti profesional di Kota Tangerang dari kantor RE/MAX Ventura. Untuk mendapatkan jasa pelayanan agen properti profesional, silakan hubungi Laurent Fu dari RE/MAX Ventura di WA 0816-1919-901 atau Telepon 0813-8888-0918.

Mengapa Enggan Menggunakan Agent Property?

Sebagian orang enggan menggunakan jasa agen properti ketika menjual atau menyewakan properti rumah, ruko, apartemen, gudang atau tanah. Sebagian lagi orang enggan menggunakan jasa agen properti dalam mencari properti untuk dibeli atau disewa.

Ketika diminta untuk menceritakan apa sebabnya, akhirnya berujung hanya di 1 alasan, yaitu:

“Takut harga jual/sewa menjadi mahal atau berkurang karena harus membayar fee komisi agent”

Di sini saya ingin membongkar anggapan atau mitos yang salah ini.

1. Enggan Membayar Fee Agent

Pemilik rumah sebagian masih enggan menitipkan properti untuk dijual/disewa kepada agent property karena enggan membayar fee agent. Mereka tidak rela harga jual/sewa dipotong untuk komisi agent.

Ini adalah anggapan yang salah. Mengapa?

Padahal sang Agen Properti itu bekerja keras dalam membantu menjualkan/menyewakan properti supaya cepat menemukan calon pembeli/penyewa.

Berikut ini penjelasan yang lebih detail:

  • Agent mencari dan menawarkan properti yang dipegang.
  • Agent lalu membuat janji dan menemani client yang ingin survey property. Tetapi tugas Agent itu tidak berhenti sampai di situ saja.
  • Agen Properti juga menjadi pihak penengah dalam komunikasi dan negosiasi antara owner (pemilik properti) dengan buyer (peminat properti), sampai terjadi deal.
  • Setelah deal, agen properti juga mencarikan Notaris untuk melakukan AJB atau PPJB secara sah. Untuk urusan sewa-menyewa, Notaris juga terkadang dibutuhkan dalam Perjanjian Sewa.
  • Agent lalu membantu follow up kelengkapan dokumen, pajak dan surat-surat sehingga transaksi dapat berlangsung dengan lancar.

Semua aktivitas ini harus dikerjakan sendiri oleh owner property bila tidak memakai jasa agent. Kalau si Owner memang mengerti dan memiliki waktu untuk melakukan ini semua, mungkin ia memang tidak memerlukan agent. Namun segala aktivitas ini tidak mudah dan sangat memakan waktu. Sebaiknya diserahkan ke Agent Property Profesional yang memang sudah keahliannya.

Dengan segala jasa pelayanan yang ditawaran oleh Agen Properti, fee atau komisi agent itulah upahnya. Jadi ini adalah anggapan yang salah.

Agen Properti Profesional di Kota Tangerang

2. Pembeli/Penyewa Takut Harga Property Menjadi Bertambah Mahal

Secara logika yang sederhana, harga properti bisa bertambah mahal bila dikenakan fee komisi agent. Jadi sebagian client yang ingin langsung mendekati pemiliknya. Sebagian malah tidak berminat dan menjauhi properti yang dipasangi spanduk agent.

Ini adalah anggapan yang salah. Mengapa?

  1. Agen Properti membantu client menemukan properti yang sesuai. Lalu membantu dalam negosiasi dengan owner dan menjadi penengah supaya bisa transaksi sampai selesai. Untuk jerih payahnya, si Agent layak mendapatkan upahnya sebagai seorang sales.
  2. Umumnya owner properti memang sudah mengalokasikan dana untuk fee komisi agent. Jadi ada atau tidak ada agent, harga properti sudah ditetapkan memang segitu.
  3. Fee komisi agent nilainya sebenarnya relatif sangat kecil, tidak seperti yang dibayangkan sebagian orang.

Harga properti tidak akan bertambah mahal dengan adanya Agent. Jadi ini adalah anggapan yang salah.

realtor, real estate, real estate agent

3. Pembeli/Penyewa Enggan Memberikan Komisi

Client tidak ingin memberikan komisi atas usaha agent yang mencarikan properti untuknya.

Ini adalah anggapan yang salah. Mengapa?

Fee komisi agent dibayarkan oleh owner (pemilik property), bukan buyer atau penyewa. Agent akan menagih ke owner, bukan client.

Memang ada sebagian client yang bermurah hati memberikan sedikit penghargaan atas usaha si Agent, semoga mereka diberkati Tuhan dan dibalas berkali lipat.

Namun Agent tidak akan meminta kepada client. Jadi ini adalah anggapan yang salah.

Ada banyak keuntungan menggunakan agen properti, tentunya bila Anda menemukan agen yang tepat. Keuntungan yang Anda peroleh antara lain:

  • Efektif. Agen properti memiliki jaringan yang luas. Informasi tentang properti yang akan dijual akan disebarkan ke seluruh jaringan yang dimiliki agen properti. Pemasaran bisa lebih efektif karena jangkauan yang luas dan tepat sasaran. Karena agen properti umumnya sudah memiliki daftar atau calon pembeli, sehingga mencari pembeli yang potensial pun akan lebih cepat dan mudah dilakukan.
  • Efisien. Pemilik properti tidak perlu mengeluarkan waktu dan tenaga untuk menjual dan memasarkan propertinya. Kecuali Anda ingin menghabiskan waktu untuk mencari sendiri pembeli atau penyewa potensial, menggunakan jasa agen properti membuat Anda tidak buang waktu dan energi karena agen Anda yang akan mengurus semuanya.
  • Anda tidak perlu melakukan negosiasi. Negosiasi dalam menjual properti butuh pengalaman, yang tidak banyak dimiliki sebagian besar orang. Agen properti yang baik akan bernegosiasi atas nama Anda, yang bisa memaksimalkan profit Anda. Lagi pula, menggunakan agen properti akan mendorong pembeli potensial.
  • Lebih Memahami Harga Pasar. Keuntungan ketika menggunakan agen properti adalah pemilik mendapatkan harga jual yang tidak terlalu tinggi sehingga properti cepat terjual, dan juga tidak terlalu rendah sehingga pemilik tidak menderita kerugian. Dengan agen yang berpengalaman, ia dapat membantu Anda mengetahui harga pasaran dengan tipe properti yang sesuai.
  • Legalitas Terjamin. Agen properti lebih memiliki pengalaman dan kemampuan dalam hal dokumentasi. Sehingga mereka bisa menjamin prosedur legal penjualan properti, seperti keperluan balik nama, sertifikat, dan lain-lain.
Ruko Arcadia Grande Paramount Land Gading Serpong
Ruko Arcadia Grande Paramount Land Gading Serpong

Keuntungan Menggunakan Agent dalam Mencarikan Properti untuk Dibeli atau Disewa

  • Efektif. Agen properti memiliki jaringan yang luas. Informasi tentang properti yang ingin dicari akan disebarkan ke seluruh jaringan yang dimiliki agen properti. Pemasaran bisa lebih efektif karena jangkauan yang luas dan tepat sasaran. Karena agen properti umumnya sudah memiliki daftar atau listing properti, sehingga mencari properti yang potensial pun akan lebih cepat dan mudah dilakukan.
  • Efisien. Pencari properti tidak perlu mengeluarkan waktu dan tenaga untuk mencari properti yang ingin dibeli atau disewa. Kecuali Anda ingin menghabiskan waktu untuk mencari sendiri, menggunakan jasa agen properti membuat Anda tidak buang waktu dan energi karena agen Anda yang akan mengurus semuanya.
  • Anda tidak perlu melakukan negosiasi. Negosiasi dalam menjual properti butuh pengalaman, yang tidak banyak dimiliki sebagian besar orang.
  • Lebih Memahami Harga Pasar. Agen properti yang baik akan bernegosiasi atas nama Anda supaya mendapatkan harga yang layak.
  • Legalitas Terjamin. Agen properti lebih memiliki pengalaman dan kemampuan dalam hal dokumentasi. Sehingga mereka bisa menjamin prosedur legal transaksi properti, seperti keperluan balik nama, sertifikat, dan lain-lain.

Rumah Cluster Denver PIK 2

Jangan Salah Pilih Agen Properti

Kompetensi dan profesionalitas Agen Properti berbeda-beda. Memilih agen properti yang berkualitas juga tidak mudah.

Banyak agent property yang kurang profesional dalam melaksanakan tugasnya, misalnya:

  • Bisa jadi pemilik properti mendapatkan agen yang tidak rajin, sehingga penjualan properti kurang cepat. Misalnya setelah memasang iklan, agen hanya menunggu telepon dari calon pembeli tetapi tidak aktif menghubungi calon pembeli.
  • Ada juga sebagian agent yang meminta komisi ganda, di mana dia menerima komisi dari penjual dan juga pembeli.
  • Ada lagi agen properti yang tidak memberikan informasi pembeli prospek dengan penawaran harga yang tinggi ke pemilik karena pembeli ini dikenalkan oleh agen lain yang mengharuskan agen utama berbagi fee dengan agen lain. Yang dilakukannya adalah mengenalkan calon pembeli dengan harga yang lebih murah.
  • Beberapa agen properti nakal juga seringkali dengan sengaja menyimpan informasi calon pembeli dan penjual dengan harapan bisa menjual propertinya dengan harga dan komisi yang lebih tinggi.

Bagi seorang agen profesional tentu tidak melakukan hal-hal di atas. Selain tindakan tadi kurang profesional, sebagian juga melanggar etika dan tidak diperbolehkan oleh Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (AREBI).

Oleh karena itu, mengetahui reputasi agen properti yang baik dengan identitas profesional tentu menjadi hal yang wajib diperhatikan oleh pemilik properti sebelum mempercayakan propertinya dijual oleh sang agen.

laurent fu remax ventura

Logo Kota Tangerang

Menghubungi Agen Properti Profesional

Anda mau menitipkan property? Anda ingin mencari property?

Saya, Laurent Fu, adalah Agen Properti Profesional di Kota Tangerang dari kantor RE/MAX Ventura.

Kota-Tangerang

Tunggu apa lagi? Segera hubungi saya.

Laurent Fu

08161919901
081388880918

Hubungi kami Whatsapp

KLIK untuk Whatsapp Langsung

 

 

Baca juga: Jasa Pengurusan Salinan IMB Legalisir Kota Tangerang WA 081388880938

Related posts

Leave a Reply