Over Kredit Rumah – Hal-hal Yang Wajib Anda Ketahui

Hal-hal yang perlu Anda ketahui bila ingin melakukan transaksi over kredit rumah untuk menghindari kesulitan dan supaya tidak  disalahgunakan oleh pemilik lama.

Over Kredit Rumah adalah transaksi membeli rumah yang belum lunas masa angsurannya dari pemilik rumah selaku penjual. KPR (Kredit Pemilikan Rumah) dari pemilik lama akan dialihkan kepada Anda selaku pembeli.

over kredit

over kreditTidak Selalu Bermasalah

Tidak semua rumah yang dijual secara over kredit bermasalah. Namun, Anda juga jangan tergiur sehingga disalahgunakan oleh pemilik lama untuk melarikan tanggung jawabnya dari pihak kreditur, dalam hal ini bank pemberi KPR.

Untuk membeli rumah dengan over kredit perlu sedikit ketelitian dan waktu relatif lama.

kpr
kpr

Alasan-Alasan Over Kredit

Pemilik rumah mempunyai beberapa alasan mengalihkan rumahnya dengan menjual melalui over kredit. Salah satunya adalah pemilik rumah akan pindah ke luar kota sehingga ingin membeli rumah lagi.

Alasan lainnya adalah pemilik rumah mempunyai kesulitan dalam hal keuangan atau KPR-nya tersendat sehingga terjadi kredit macet.

Untuk alasan keuangan dari pemilik lama, semestinya berhati-hati jika ternyata rumah yang akan dibeli bermasalah.

transaksi jual beli
transaksi jual beli

Proses Transaksi Over Kredit

Proses dimulai dari persetujuan pihak pengembang sampai pengecekan keabsahan rumah yang dijual.

Untuk penyelesaian pembayaran, sebaiknya dirundingkan terlebih dahulu, apakah sisa angsuran KPR dari pemilik lama akan langsung dilunasi atau meneruskan kembali KPR dari pihak lama.

Jika Anda memutuskan melunasi sisa angsuran, makan prosesnya akan lebih cepat sehingga setelah pembayaran selesai dapat langsung dibuatkan akta jual beli di depan notaris.

Lain halnya jika ingin meneruskan KPR dari pemilik lama. Itu membutuhkan proses lebih lama. Prosesnya hampir sama ketika Anda mengajukan kredit kepada bank yang membutuhkan persyaratan, di antaranya melakukan survei atas jaminan pinjaman.

jual beli rumah
jual beli rumah

Contact

Untuk info lebih lanjut hubungi Laurent.

WA 08161919901
Call 081388880918

Klik di sini untuk Chat Whatsapp

 

 

Sumber: Harian Koran Sindo 29 Januari 2020

Related posts

Leave a Reply